Posts

Showing posts from December, 2009

tugas metode riset 1

ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK PELUMAS MESIN SEPEDA MOTOR MEREK TOP ONE DI YOGYAKARTA Eko Nugroho Perilaku konsumen tidak hanya pada keputusan pembelian akan tetapi diikuti pula oleh tahap perilaku purnabeli (post purchase behavior). Pada tahap ini konsumen akan merasakan tingkat kepuasan atau ketidakpuasan tertentu yang akan mempengaruhi perilaku berikutnya. Kepuasan konsumen akan tercipta, jika produsen TOP 1 mampu memenuhi harapan yang dimiliki oleh para konsumennya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan produsen TOP 1 dalam upaya menciptakan kepuasan bagi para konsumennya adalah menggunakan bauran pemasaran yang mencakup produk, harga,promosi, dan saluran distibusi dalam strategi pemasaran produkriya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk, harga,promosi, dan saluran distibusi terhadap kepuasan konsumen minyak pelumas mesin sepeda motor merek TOP 1, secara simult

budaya dan sub budaya

Konsumen adalah makhluk social, yaitu makhluk yang hidup bersama dengan orang lain, berinteraksi dengan sesamanya. Orang-orang sekeliling inilah yang disebut sebagai lingkungan social konsumen. Konsumen saling berinteraksi satu sama yang lain, saling mempengaruhi dalam membentuk perilaku, kebiasaan, sikap, kepercayaan dan nilai-nilai yang dianggap penting. Salah satunya unsur lingkungan social adalah budaya . Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah , yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture , yang berasal dari kata Latin Colere , yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. Budaya mengaju pada nilai, gagasan, artefak dan symbol-simbol lain yang bermakna yang membantu individu untuk berkom

geodemografi

Geodemografi merupakan sebuah kombinasi dari karakteristik demografis dan gaya hidup konsumen dalam kelompok (cluster) geografis Penetapan Sasaran Berdasarkan Geodemografis Dasar pemikiran yang menjadi landasan geodemographic targeting adalah bahwa orang-orang yang menetap di daerah atau area yang sama, misalnya bertetangga atau dalam satu kawasan kode area, juga memiliki persamaan dalam demografi dan gaya hidup. Sehingga, dengan mengetahui di mana orang-orang menetap dapat diperoleh informasi mengenai marketplace behavior mereka secara umum. atau bisa juga diartikan Segmentasi geodemografi , merupakan gabungan dari segmentasi geografi dengan demografi. Konsep ini menyatakan bahwa mereka yang menempati geografis yang sama cenderung memiliki karakter-karakter demografis yang sama. Catatan : sumber penulisan ini diambil dari pksm.mercubuana

pengertian harga (price)

Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan. Catatan: tulisan ini diambil dari Organisasi.org

MOTIVASI KONSUMEN

Motivasi merupakan dorongan/tenaga pendorong pada diri individu/seseorang untuk melakukan sesuatu guna memenuhi kebutuhannya yang belum terpenuhi. Secara umum, kebutuhan manusia sebagai individu terbagi menjadi dua, kebutuhan dasar dan kebutuhan perolehan. yang pertama adalah Basic Need (Kebutuhan Dasar) Bersifat fisiologis biogenis yaitu makanan, minuman, air, udara, pakaian, perumahan, seks sifat sifat ini bisa juga disebut kebutuhan primer/motif primer dan yang ke dua adalah Acquired Need (Kebutuhan Perolehan) Bersifat psikologis psikogenis yaitu memperoleh penghargaan diri, martabat, kasih sayang, kekuasan, pengetahuan dan lain - lain dapat disebut kebutuhan sekunder/motif sekunder Semua prilaku individu yang didorong motivasi-motivasi tersebut, dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil yang diinginkan inilah yang disebut sebagai sasaran. Pemilihan sasaran , bagi setiap individu berbeda satu sama lain, tergantung beberapa hal yakni, Pengalaman pribadi Kemampua