ShoutMix chat widget

Tuesday, January 5, 2010

Tugas Metode Riset 3

KEPEMIMPINAN DAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY AND TRADING COMPANY, TBK

Abstrak

    Dalam suatu organisasi, kerjasama yang kuat antara setiap anggota merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki agar terwujudnya tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu kerjasama antara pemimpin dan bawahan perlu mendapat perhatian, agar pelaksanaan aktivitas perusahaan berjalan dengan tujuan yang telah ditetapkan. 

    Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara gaya kepemimpinan dan produktivitas kerja karyawan pada perusahaan PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang mempunyai hubungan  erat dengan permasalahan yang akan diteliti dan dibandingkannya dengan pengetahuan teori untuk merumuskan persoalan serta kemungkinan untuk mencari pemecahannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Dan penelitian ini mengambil sample sebanyak tiga puluh orang karyawan PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk bagian produksi.

    Pengukuran yang digunakan untuk membahas gaya kepemimpinan tersebut adalah yang mengacu pada teori kepemimpinan Blake dan Mouton. Dimana pengukuran gaya kepemimpinan tersebut berdasarkan pada:

1.              Perhatian pimpinan terhadap manusia.

2.              Perhatian pimpinan terhadap tugas.

    Dilihat dari total nilai yang diperoleh menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan eksekutif. Sedangkan korelasi dengan menggunakan rank Spearman diperoleh sebesar 0,73. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel gaya kepemimpinan dan variabel produktivitas kerja terdapat pengaruh positif yang kuat. Dan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 53,29 %. Ini berarti bahwa 53,29 % dari produktivitas kerja dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan, sedangkan sisanya 46,71 % dipengaruhi oleh faktor lainnya. Yang berarti hipotesis dapat diterima yaitu:

Apabila gaya kepemimpinan diterapkan sesuai dengan persepsi karyawan, maka produktivitas kerja karyawan dapat meningkat.

    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh perusahaan sesuai dengan persepsi kerja dan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawannya.

    Adapun saran yang diberikan penulis adalah agar perusahaan PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk tetap mempertahankan gaya kepemimpinan yang diterapkan yaitu gaya kepemimpinan eksekutif, karena gaya kepemimpinan tersebut sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para karyawan, sehingga hal ini hubungan balk antara pimpinan dan karyawan dapat terns terjalin dengan baik yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

sumber : Repository gunadarma

 

No comments:

Post a Comment