ShoutMix chat widget

Sunday, February 14, 2010

MENGAPA KITA HARUS BELAJAR BAHASA INDONESIA

               Mengapa kita harus belajar bahasa indonesia? Jika kita ingin menjawab pertanyaan ini, maka akan terbesit pertanyaan yang lain, seperti apakah kita telah berbahasa Indonesia dengan baik dan benar ? Setelah belasan tahun bahasa nasional ini kita pelajari dari TK sampai perguruan tinggi dan setelah puluhan tahun bahasa persatuan ini kita gunakan sehari-hari dalam berbagai kesempatan resmi dan tak resmi ?
               Dewasa ini banyak yang menggunakan bahasa campuran untuk bahasa sehari - hari, baik campuran dengan bahasa daerah maupun bahsa asing. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik dari dalam maupun faktor dari luar ngeri. faktor dari dalam tentu saja karena beragamnya suku dan bahasa di indonesia ini menyebabkan pencampuran bahasa sehari -  hari, karena telah terbiasa menggunakan bahasa daerah jadi menggunakan bahasa campuran jadi kebiasaan. sedangkan faktor luar, bisa dari media - media baik media cetak elektronik dan lain - lain. Pada dasarnya, fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Bahasa menjadi penjamin berlangsungnya interaksi antar manusia.  Bahasa juga merupakan identitas suatu bangsa, dengan bahasa kita bisa mengetahui berasal dari manakah mereka berasal. dari pada itu kita harus belajar bahasa yang baik dan benar agar dapat berkomunikasi dengan baik.
                    sebagai bahasa resmi ( negara ), usia bahasa indonesia telah mencapai bilangan ke-64 tahun. Bahkan, dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa indonesia sudah berusia 81 tahun. jika dianalogikan dengan kehidupan manusia, dalam rentang usia tersebut idelanya sudah mampu mencapai tingkat " kematangan " dan " kesempurnaan " hidup, sebab sudah banyak merasakan lika - liku dan pahit getirnya perjalanan sejarah. seharusnya dengan usia yang sudah matang ini bahasa telah diterapkan dengan baik oleh para masyarakat tetapi pada kenyataanya bahasa kita mengalami pergeseran tata bahas seperti bermunculannya bahas bahas aneh seperti bahasa gaul dan bahasa singkatan yang makin membuat buruk tata bahasa baik secara lisan maupun secara tulisan.    
                   Oleh karena itu sehausnya bangsa indonesia  sudah berbenah diri mengenai bahasa yang semakin lama semakin ngawur ini di lihat dari umur yang sudah di atas 50 tahun, salah satu agar bahasa ini diminati dengan cara pemerintah membiarkan guru - guru berkreasi dalam mengajar anak - anak di sekolah mengenai pelajaran bahasa indonesia, dengan cara dan bahasa yang lebih aktiv bukan pasiv agar memacu anak anak agar lebih semangat dalam mempelajari bahasa indonesia yang baik dan benar. dan juga sertakan budaya nasionalisme di beberapa media cetak atau pun elektronik dengan cara menghilangkan penggunaan istilah bahasa - bahasa asing yang hanya menyebabkan pencampuran itu kembali lagi, karena media media seperti inilah menjadi panutan masyarakat dalam menggunakan bahasa sehari hari.
                      
                 

No comments:

Post a Comment