ShoutMix chat widget

Friday, March 26, 2010

pentingnya motivasi

motivasi dibutuhkan oleh banyak orang untuk memacu baik diri sendiri maupun orang lain untuk lebih baik dalam mengerjakan sesuatu. contohnya anak kecil akan lebih terpacu untuk belajar jika diiming imingin hadiah jika selesai belajar atau jika dapat menjadi rangking satu dikelas akan di berikan apa yang dia mau.

Menurut wikipedia motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku, menurut Kartini Kartono motivasi menjadi dorongan(driving force) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.

Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama, berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain/ organisasi.

Pengertian motivasi menurut Fillmore H Stanford adalah “Kondisi yang menggerakkan manusia kearah suatu tujuan tertentu “ motivasi terbagi menjadi 2 yaitu
  • motivasi internal (dari dalam)
  • motivasi External (dari luar)
contohnya
internal seperti : ketakutan ,kesenangan, harapan dan banyak lagi yang tidak saya sebutkan
misal seorang siswa takut kalau tidak mengerjakan PR maka di hukum gurunya

external seperti : keluarga, teman ,sahabat ,ibu, istri, kekasih.dan rahasianya motivasi adalah suatu emosi dan orang jika melibatkan emosi maka akan muncul potensi yang dimilikinya.

No comments:

Post a Comment